Membaca Aktivitas Harian Keluarga dengan Aplikasi Keluarga CircleCare

Courtney Lancianese, M.S.

Courtney Lancianese, M.S.

circle-care-family-connectivity

Apa hal pertama yang anda lakukan saat bangun tidur di pagi hari? Jika anda termasuk 80% penggunaponsel pintar, jawabannya dapat ditebak, yaitu memeriksa ponsel ! Masyarakat kita pada umumnya,dapat menerima hampir ratusan email, pesan teks, dan berita-berita terbaru setiap harinya bahkansebelum mereka membuka mata di pagi hari. Hal itu sangatlah menarik dan bernilai, namun sayangnya,dengan semakin seringnya terhubung dengan dunia digital/maya, justru dapat menyebabkan semakinberkurangnya pula kualitas hubungan kita dengan orang-orang yang kita sayangi. Seharusnya haltersebut tidak boleh terjadi. Justru seharusnya kita dapat memanfaatkan teknologi untuk mempererathubungan dengan orang-orang yang kita sayangi. Nah, salah satu cara agar agar ikatan antar anggotakeluarga dapat terus terbina namun tetap selaras dengan kemajuan teknologi digital sekarang, yaitudengan Membaca Aktivitas Harian Keluarga (Family Daily Temperature Readings).

CircleCare_Corporate_Wellness_App

Corporate Wellness App

CircleCare

CircleCare employee engagement platform provides companies with a platform and tools to motivate their employees via positive reinforcements and rewards to establish and maintain healthy lifestyle choices.

circle-care-private-family-communication

Ketika anda membuka mata di pagi hari dan langsung sibuk dengan perangkat (ponsel) anda, apakah halyang biasa anda lakukan dengan layar ponsel anda? Banyak diantaranya yang mematikan alarm,memeriksa media sosial, membalas pesan teks atau email, atau mungkin ada yang membaca beritaterbaru. Apapun yang anda lakukan, sebenarnya intinya adalah melakukan persiapan untuk menjalaniaktivitas di hari tersebut. Anda mungkin memiliki sejumlah janji, meeting, atau acara penting lainnya,namun kebiasaan anda dengan memeriksa ponsel terlebih dahulu dapat memberi rasa tenang untukmempersiapkan diri anda menjalani aktivitas di hari itu. Dengan kata lain, berinteraksi dengan duniadigital melalui ujung jari anda setiap pagi, sama mudahnya dengan memanfaatkan teknologi untukterus terhubung dengan orang-orang yang anda sayangi.

Dengan memanfaatkan CircleCare, anda dapat ikut serta dalam Membaca Aktivitas Harian Keluarga(Family Daily Temperature Readings). Dalam arti yang sederhana, setiap anggota keluarga bisa salingmengawasi satu sama lain dan berbagi mengenai kekhawatiran, tantangan, aktivitas yang akan dijalaniatau kesuksesan yang telah diraih. Untuk turut serta dalam sistem keluarga ini, anda dapatmenggunakan akronim MEAPS, yaitu singkatan sederhana dari 5 area, yaitu :

  • Mental Health (Kesehatan Mental)
  • Emotional Health (Kesehatan Emosional)
  • Academic/Professional Engagement (Keterlibatan Akedemik/Professional) – tergantung usia dan tahapan kehidupan
  • Physical Health (Kesehatan Fisik)
  • Spiritual Health (Kesehatan Spiritual)

Dengan mengetahui kondisi terbaru atau “update” terbaru anggota keluarga dalam 5 area tersebut -baik harian maupun mingguan – maka akan dapat memberikan gambaran menyeluruh tentangbagaimana keadaan mereka atau bagaimana keadaan anda, dan pada area mana anggota keluargamemerlukan dukungan, dorongan, semangat, atau hal yang sederhana, seperti ucapan selamat. Untukmembahas lebih lanjut mengenai 5 area diatas, mari kita ikuti ulasan berikut ini :

circle-care-mental-health Mental (Mental/Batin)

Kategori ini berbicara mengenai mental (batin) yang tenang ketika mengetahui dimana anggotakeluarga anda berada dan bagaimana keadaan mereka. Dalam sebuah keluarga -terutama keluargabesar- setiap orang memiliki begitu banyak aktivitas yang berbeda, sehingga sulit untuk melacaknya. Adakedamaian dan ketenangan batin yang tersirat ketika mengetahui anggota keluarga anda semuanyabaik-baik saja. Anda dapat menggunakan kategori ini untuk memberikan ketenangan mental (batin) bagikeluarga Anda, karena mereka dapat mengetahui dimana Anda berada dan bagaimana keadaan anda.

circle-care-emotional-health

Emotional (Emosional)

Keaadaan emosional seseorang dapat diketahui melalui status yang sangat sederhana, contohnya:”Stress gara-gara harus presentasi di kantor”, atau bisa juga dengan mengungkapkan perasaan yangpaling menggambarkan keadaan anda pada hari itu.

circle-care-academic-professional-health

Academic/Professional (Akademik/Professional)

Anggota keluarga bisa memanfaatkan kategori ini untuk meng “update” acara penting di kantor padahari kerja atau aktivitas di sekolah (bagi yang masih sekolah), seperti tes/ujian yang akan dijalankan,meeting, presentasi ataupun hal-hal lainnya.

circle-care-physical-health

Physical (Fisik)

Melalui kategori ini, anggota keluarga dapat mengetahui tentang penyakit fisik yang diderita atau jadwalkunjungan ke dokter. Selain itu, jika anda memiliki rutinitas olahraga fisik, anda bisa bagikan kegiatanlatihan tersebut dengan anggota keluarga lain. Gunakan kategori ini sebagai alat motivasi. Selain itu,kategori ini juga dapat digunakan oleh anggota keluarga anda untuk memberikan selamat ataupenghargaan terhadap anda, apabila anda berhasil mencapai target tertentu ketika belatih.

circle-care-spiritual-health-yoga

Spiritual (Spiritual/Rohani)

Hal ini sangatlah tergantung pada orientasi agama keluarga anda. Kategori rohani dapat digunakansetiap hari, seperti menyampaikan dorongan atau semangat, berbagi kutipan ayat dari kitab suci,berbagi do’a-‘a yang indah, dan lain-lain. Atau bisa juga digunakan untuk merencanakan perayaan hariraya keagamaan atau merencanakan untuk pergi ke tempat ibadah pada waktu tertentu.

Setiap anggota keluarga dapat memilih kategori MEAPS sesuai dengan yang diinginkannya. Padadasarnya tujuan yang ingin dicapai dari Membaca Aktivitas Harian Keluarga (Family Daily TemperatureReadings) pada aplikasi CircleCare adalah agar setiap orang dapat terus terhubung dan berkomunikasidengan orang-orang disayang melalui upaya digital (dunia maya). Dengan CircleCare, anda dapatmelakukan hal ini meskipun anda sedang berada dalam perjalanan, sehingga anggota keluarga dapatmengetahui bagaimana keadaan anda,bagaimana perasaan anda dan mengetahui momen terpentingdari hari-hari anda.

CircleCare-Employee-Engagement-Wellness-Platform

Orang mungkin bertanya-tanya “Mengapa saya tidak menggunakan MEAPS melalui Facebook atauplatform media sosial lainnya?” Jawabannya sederhana – informasi pribadi keluarga anda sangatberharga dan sangat rahasia, dan kerahasiaan tersebut hanya bisa di setting atau diatur melalui CircleCare. Persetujuan (agreement) privasi dari platform media sosial lainnya tidak jelas atau samar danseringkali tidak ada penyaring, sehingga mungkin anda tidak menyadari seberapa banyak informasipribadi yang telah anda berikan kepada mereka. Dengan Circlecare seseorang tidak perlu khawatirdengan informasi pribadi keluarga yang ditampilkan atau diberikan kepada pihak ketiga. Semuainformasi anda benar-benar terlindungi, oleh karena itu kegiatan mempererat jalinan hubungankeluarga melalui MEAPS benar-benar aman dalam forum ini.

Jangan menunggu sampai keadaan anda atau keluarga anda benar-benar jatuh “sakit”. Denganmengetahui atau membaca aktivitas harian keluarga anda satu sama lain secara teratur – baik dalamkondisi sehat atau sakit – sedang naik atau turun, maka hal ini dapat membuat orang-orang yangmencintai anda akan selalu hadir untuk mendukung anda begitu juga sebaliknya, anda dapat selalu hadiruntuk memberikan dukungan kepada orang-orang yang anda cintai.

Courtney Lancianese, M.S.

Courtney Lancianese, M.S.

Courtney Lancianese, M.S. adalah seorang blogger @ Circle Care. Sebagai Terapis Pernikahan & Keluarga yang teregistrasi, dia telah memfokuskan karirnya untuk membantu individu, pasangan, dan keluarga dalam situasi sulit untuk bekerja sama menuju perubahan yang berarti. Dia mengaku dirinya sebagai perantara perubahan, pembelajar terus-menerus, dan pecinta segala hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

life-needs-motivation-live-healthy-earn-rewards-circlecare

Questions? We've got answers. Try us.

Contact Us